Hamster Kecilku

Ada yang pernah ngalamin mata bayi hamster tidak terbuka bahkan setelah berumur 3 minggu??

Aku punya seekor hamster campbell mottled yang melahirkan 6 ekor anak. Kelima anaknya aku pisahkan dari induknya setelah berumur 2 minggu. Kalau kita lihat di om google, banyak yang mengatakan kalau anak hamster campbell boleh dipisah ketika berumur sekitar 2-3 minggu. Kalau aku misahin anak hamster liat liat kondisi hamsternya juga, jadi gak hanya terpatok pada hari. Kelima anak hamsterku ini pertumbuhannya sangat cepat. Pada umur 2 minggu badannya sudah besar, matanya sudah terbuka dan bergerak lincah. Sedangkan ibunya terlihat makin kurus karna terus memberikan susu ke anaknya. Walaupun aku sudah kasi makan banyak, si ibu memasukkan makanan banyak ke dalam mulutnya tapi sebagian besar di simpannya di balik serbuk kayu untuk anaknya. Karna kondisi si ibu semakin kurus akhirnya aku pisahin deh.

Seekor anaknya lagi tidak aku pisah dari induknya karna badannya masih sangat kecil jauh berbeda dari saudaranya. Mata anak hamsterku yang satu ini belum terbuka dan akhirnya aku biarkan dengan ibunya hingga 3 minggu. Setelah kuperhatikan sepertinya anaknya sudah tidak minum asi induknya lagi dan selalu bersaing kalau dikasi makan. Akhirnya kuputuskan untuk memisahkan anaknya ini dari ibunya. 

Si kecil lahap banget makan buburnya




Ntah kenapa hamster yang terlahir albino pertumbuhannya sangat lambat, tetapi pada akhirnya tumbuh besar juga, berbeda dengan kejadian bayi hamsterku yang satu ini. Sekarang umurnya sudah 3 minggu tetapi pertumbuhan badannya seperti berhenti di umur satu minggu dan matanya belum juga terbuka. Kalau diberi makan biji-bijian sepertinya anak hamsterku ini tidak suka, atau mungkin dia tidak bisa memakannya. Jadi aku sering kasi makan toge dan wortel yang bagus untuk kesehatan matanya. Untuk makanan pokoknya yaitu bubur bayi promina rasa beras merah. Dia sangat lahap kalau makan bubur ini, untuk ukuran badannya aku beri setengah sendok makan saja. Sehari bisa 3 sampai 4 kali makan. Walaupun dia tidak mau makan biji bijian tapi tetap aku letakkan di kandangnya biji bijian sapatau dia mau makan.

Setiap sehari sekali aku mencoba membersihkan matanya pakai cutton bud dengan air hangat. Walaupun badannya kecil tapi dia aktif sekali bergerak. Semoga aja mata hamsterku ini segera terbuka dan badannya dapat tumbuh besar seperti yang lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tragedi Hamster Terinjak